Perkembangan Teknologi Mempengaruhi Peningkatan Toko Online

Saat ini toko online di Indonesia makin banyak. Perkembangan tersebut tidak lepas dari perkembangan teknologi di tanah air. Banyak orang sudah memiliki smartphone sehingga terus terhubung secara online, termasuk ketika hendak melakukan pembelanjaan sebuah barang.

Toko online Indonesia itu menyediakan beragam jenis produk, mulai dari HP, AC, Tv, pakaian, tas produk lainnya. Setiap waktu, jumlah produk yang dijajakan itu makin meningkat sebab produksi produk baru juga terus dilakukan. 

Penggunaan smartphone saat belanja online itu juga menjadi fenomena tersendiri. Sebab sebagian besar konsumen asyik menggenggam Hp setiap harinya. Dengan perangkat yang mudah dibawa ini, mereka akan mengecek harga di internet sebelum memutuskan membeli sebuah barang. Bahkan juga tidak jarang, pembelanjaan tersebut juga secara langsung dilakukan secara online. Khususnya bagi konsumen yang tidak mau ribet.

Pembelian lewat internet itu memang menghadirkan kemudahan tersendiri. Setiap orang dengan mudah bisa menemukan produk yang diinginkannya dan saat itu juga bisa membelinya. Apalagi dengan adanya promo maupun diskon membuat barang yang dijual online itu terlihat lebih menarik. Sebab harganya menjadi lebih murah dibanding kalau kita membeli di toko konvensional. 

Pesatnya peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja di Indonesia ini jelas merupakan berkah tersendiri. Sebab itu juga ikut berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi nasional. 
Yang menarik juga mengenai fenomena adanya toko online yang sekedar menjadi marketplace dan yang memiliki produk sendiri. Bagi yang sekedar menjadi marketplace, toko online itu tak ubahnya seperti pasar dimana para penjual online banyak mengisi lapaknya di situs tersebut.

Sementara toko online yang memiliki produknya sendiri relatif lebih terjamin. Karena kontrol barang bisa lebih mudah dilakukan. Sebab barangnya dimiliki sendiri. 

Salah satu toko online di Indonesia yang memiliki kendali penuh terhadap produk yang dijualnya itu adalah JD.ID. Situs ini memiliki sebagian besar yang mereka jual secara online. Ditambah lagi mereka mengelola langsung gudang penyimpanan barang. Dengan kata lain, harga jualnya pun bisa ditekan sehingga lebih terjangkau bagi konsumen. Tidak hanya itu saja, mereka pun bisa mengendalikan mengenai kontrol pengiriman barang sehingga bisa dengan aman sampai di tangan konsumen. 

Memang toko online yang ideal sebaiknya seperti itu. Dari barang yang dipajang hingga barang tersebut sampai ke tangan konsumen hendaknya bisa dikontrol dengan penuh. Sehingga konsumen pun bisa lebih puas karena bisa mendapatkan harga yang lebih bersaing sekaligus cepat dalam pengirimannya. 

Lain halnya dengan situs yang hanya menjadi marketplace. Situs semacam itu tidak bisa memegang kendali penuh terhadap produk yang dipasarkannya. Sebab barangnya tetap ada pada pihak seller, sedangkan marketplace itu lebih hanya sebagai penyedia tempat saja. 

Nah, bagi Anda sebagai konsumen memang sebaiknya memilih toko online yang memberikan pelayanan tersebut. Dengan begitu Anda setidaknya mendapatkan beberapa keutnungan, seperti:
1. Harga barang yang lebih murah
2. Ada jaminan barnag sampai
3. Jaminan transaksi aman

Nah, jadi dalam memilih toko online yang tepat itu hendaknya tidak sekedar memilih nama besar saja. Tapi ketahui seperti apa pola bisnis yang mereka lakukan. Apakah mereka tak ubahnya hanya sebuah 'pasar" atau toko online yang memiliki barangnya sendiri dan berkuasa penuh untuk bisa menyalurkan barang dengan aman dan selamat ke tangan konsumen. 

Begitulah sekilas mengenai review singkat perkembangan belanja online di tanah air ini. Semoga dengan artikel ini bisa memberi insight baru bagi Anda untuk meluruskan pemahaman mengenai kondisi bisnis online yang tengah terjadi.
Share on Google Plus

About ibnu Amr

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment