Perbandingan Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci dan Manual

Mamu memiliki mesin cuci di Rumah? Sebagian orang memiliki mesin cuci untuk memudahkan pekerjaannya. Tapi tak sedikit pula yang beranggapan mencuci pakaian menggunakan mesin cuci kurang bersih sempurna. Ada bagian-bagian dari pakaian yang tidak terjangkau mesin cuci, seperti bagian kerah baju. Banyak juga yang menawarakan jual mesin cuci kondisi baru atau second.  Sekarang bisa memperolehnya dengan mudah, bahkan cara kredit sekalipun. 

Mau mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci, perhatikan kebersihan pakaiannya. Jangan sampai pakaian yang sudah dicuci masih meninggalkan noda pada baju. Bisa mengurangi rasa percaya diri kalau kamu memakai pakaian yang masih kotor. 

Pilihlah detergen yang sesuai dengan pakaian, tidak semua pakaian bisa cocok dengan detergen yang kamu pilih. Jika label pakaiannya telah menentukan jenis detergen khusus, pilihlah detergen itu. Jika tidak ada ketentuan khusus, bisa menggunakan detergen ringan atau sabun cuci cair. Perlu kamu ingat, pakaian wol yang lembut sebaiknya menggunakan pelembut rambut daripada detergen. Tujuannya agar tekstur kainnya tidak cepat rusak, biasanya kandungan bahan pada detergen itu keras.
Ilustrasi. (foto: riesalam.com)
Suhu air yang akan digunakan untuk mencuci juga bisa disesuaikan dengan petunjuk yang tertera pada label perawatan pakaian. Jika memang tidak ada ketentuan khusus, saat mencuci pakaian dengan mesin cuci disarankan menggunakan air hangat. Ingat, bukan air panas, jika terlalu panas akan merusak warnanya menjadi pudar. Suhu yang aman sekitar 29 derajat Celcius, air hangat lebih ampuh menghilangkan noda. 

Untuk menghasilkan pakaian yang bersih, ada kebiasaan kecil yang sering orang lupakan. Apa kebiasaan kecil itu? Ya, melarutkan detergen ke dalam air. Cara yang benar adalah larutkan terlebih dahulu detergen baru kemudian memasukkan pakaian kotor. Biarkan selama 15 menit, kain yang lembut tidak perlu dikocok. Sebaliknya, jika menggunakan mesin cuci, pilihlah pakaian yang bisa tahan terhadap berbagai penanganan. Kain yang lembut biasanya cepat rusak ketika dicuci menggunakan mesin cuci. 98% kotoran keluar dalam 5 menit pertama jika dicuci dengan tangan. Semakin lama merendam pakaian berbahan lembut, warnanya pun semakin cepat memudar.

Mencuci pakaian dengan tangan dikerjakan penuh kelembutan, jika kotornya berkategori berat kamu bisa mengucek pelan. Jangan memelintir, memeras, atau menggosok agar kain tidak cepat rusak. Bukankah tujuan mencuci baju itu agar bersih? Sebagian pakaian yang berwarna terang dicuci terlebih dahulu. Segera angkat dari air untuk mencegah pakaian yang muntah, terkadang kualitas warna suatu baju itu rendah. 

Bilas atau kibaskan pakaian ke dalam air untuk menghilangkan sabun, pastikan pakaian yang kita cuci sudah bersih dari kotoran dan sabun. Kamu juga bisa menambahkan pelembut pakaian secukupnya. Jangan lupa juga minta petunjuk kepada toko jual mesin cuci mengenai cara pemakaian mesin cuci saat kamu membelinya. Semoga Bermanfaat.
Share on Google Plus

About ibnu Amr

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment