Usaha Sampingan Jasa Les Privat

Dari hari ke hari, banyak pelajar yang merasa tidak konsen belajar di Kelas. Bisa disebabkan karena suasana belajarnya yang kurang kondusif, Pengajarnya yang kurang kekinian atau metode belajarnya yang sesuai. Hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan pada setiap mata pelajarannya. Jika terus dibiarkan seperti itu, maka akan berdampak buruk pada kemampuan pelajar di masa mendatang. Berawal dari kondisi seperti itu maka lahirlah peluang bagi usaha sampingan les privat. Bagi pelajar yang masih merasa kurang mengenai pendalaman ilmunya, maka bisa menggunakan jasa les privat. Pelajar bisa menanyakan dan berdiskusi secara intens bersama tutor yang menarik.

Jasa les privat banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah uang jajan, mahasiswa yang baru lulus atau guru yang masih berstatus honorer. Umumnya, les privat ditujukan untuk semua mata pelajaran. Tapi tidak menutup kemungkinan bahasa asing pun banyak dibutuhkan oleh pelajar yang memiliki minat ke bidang tersebut. Maksimalkanlah potensi yang Kita miliki dan sesuaikan dengan latar belakang pendidikan agar meraih sukses dalam mengajar anak didik.

Sebagai pemula, Kita bisa memulainya dengan mendatangi rumah murid atau murid mendatangi rumah kita, itu bisa disesuaikan dengan kesepakatan awal. Modal yang dibutuhkan untuk Usaha Sampingan Jasa Les Privat ini relatif kecil. Jika kita keliling mendatangi anak didik, berarti kita hanya membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasinya. Jika membuka les di Rumah, modal yang dibutuhkan berupa papan tulis dan ruang belajar. Secara kasar, modal yang dibutuhkan berkisar sekitar Rp. 1.000.000.
Ilustrasi. (foto: vistabunda.com)
Untuk tarifnya, kita bisa menentukan dengan pasaran biaya les privat di sekitar kita atau tarif dibicarakan dengan orang tua anak didik agar menemukan biaya yang disepakati. Sebaiknya, kita lebih mengutamakan pelayanan dan metode belajar agar anak didik merasakan kenyamanan saat belajar. Seiring berjalannya waktu, tarif pun akan disesuaikan dengan kualitas mengajar. Usaha Sampingan Jasa Les Privat ini merupakan tugas mulia karena ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, Kita dituntut untuk bisa mensukseskan metode belajarnya yang baik.

Jika kita ingin membuka Usaha Sampingan Jasa Les Privat, maka carilah tempat yang strategis dan tutor yang menarik bagi anak didik. Selain itu, metode belajar yang ditawarkan buatlah semenarik mungkin, berbeda dari yang lain. Berikut Analisa modal dan keuntungan Usaha Sampingan Jasa Les Privat dengan skala yang lebih besar.

Modal Awal
Sewa Tempat (per bulan)
Rp. 1.500.000
Biaya promosi
Rp.    200.000
Alat mengajar
Rp.    300.000
Gaji Tutor (per bulan)
Rp. 1.800.000
Biaya Operasional
Rp.    750.000
Total
Rp. 4.550.000

Apabila ada 20 anak didik yang mendaftar di Tempat Les Kita dengan biaya Rp. 400.000 per bulan, maka :
Pendapatan per bulan Rp. 400.000 x 20 orang = Rp. 8.000.0000 
Keuntungan yang diperoleh = Rp. 8.000.000 – Rp. 4.550.000 = Rp. 3.450.000
Analisa di atas merupakan gambaran secara kasar, untuk biaya dan lain-lain bisa disesuaikan dengan Daerahnya masing-masing. Sebagai catatan, jangan sampai minat belajar anak didik yang tinggi berbenturan dengan ketidakmampuan orang tuanya membiayai Les Privat. Demikianlah ulasan mengenai Usaha Sampingan Jasa Les Privat. Semoga Bermanfaat.
Share on Google Plus

About ibnu Amr

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment