Usaha Sampingan Jasa Laundry Kiloan

Fakta menarik yang harus kita perhatikan adalah banyak karyawan kantoran bergaji kecil namun mempunyai waktu luang yang senggang. Sayangnya, sebagian orang tidak mampu memanfaatkan waktu luang tersebut untuk digunakan mencari pundi-pundi tambahan penghasilan. Ada banyak alternatif pilihan yang dapat Kita mulai untuk menjalankan Usaha Sampingan, salah satunya adalah Jasa Laundry Kiloan. 

Mengapa mesti Jasa Laundry Kiloan ? di penghujung tahun 2016 ini jasa laundry kiloan cukup populer di kalangan masyarakat. Menjamurnya jasa cuci-setrika tidak terlepas dari pengaruh semakin padatnya mobilitas masyarakat dalam kesehariannya. Terutama kaum urban perkotaan yang banyak menghabiskan waktunya untuk membangun karir mereka, sehingga waktunya menjadi sempit atau bahkan kecapean jika harus melakukan aktivitas cuci mencuci. Mahasiswa yang malas mencuci juga bisa menggunakan jasa laundry. Banyak yang berpandangan, daripada cape mencuci mending gunakan jasa laundry saja. Nah, peluang inilah yang mesti kita tangkap agar menjadi tambahan pundi rupiah. 
(foto: stiri-auto.com)
Pertanyaan yang sering muncul dalam benak Kita adalah Bagaimana memulai Usahanya ? Usaha Sampingan Jasa Laundry Kiloan harus dimulai dengan persiapan yang matang. Rencanakan usaha kita semaksimal mungkin meskipun sifatnya usaha sampingan. Di bawah ini beberapa Cara Memulai Usaha Sampingan Jasa Laundry Kiloan ? Simaklah dengan seksama kemudian Action !

1. Modal Usaha
Banyak orang yang gagal memulai usaha karena mentok pada permodalannya, padahal menurut motivator bisnis modal menjadi nomor sekian, yang penting memiliki tekad dan kemampuan. Kita tidak perlu khawatir, karena modal untuk memulai jasa laundry tidaklah besar. Kita cukup memiliki mesin cuci, setrika, ruangan, tersedianya air, detergen dan pewangi. Setelah usahanya mengalami perkembangan, bisa ditambahkan kembali modal sesuai kebutuhan. 

2. Persiapkan Pernak-pernik Operasionalnya.
Sebagai usaha sampingan, tentunya Kita tidak bisa menjalankan jasa laundry kiloan sendirian. Maka dari itu, siapkan orang yang bersedia diajak kerjasama, apabila usahanya berjalan bisa ditambahkan pula karyawan. Kemudian, siapkan gaji, biaya listrik, biaya air jika menggunakan air PAM, detergen, pewangi dan biaya perawatan alat tempur (mesin cuci dan setrika). Sesuaikan biaya operasional dengan anggaran modal yang dimiliki. 

3. Strategi Usaha.
Ingat, meskipun sifatnya usaha sampingan, diperlukan strategi yang tepat agar berjalan secara optimal. Siapa tahu bermula dari usaha sampingan bisa menjadi usaha tetap dan menguntungkan. Strategi ini penting agar Kita mampu bersaing dengan jasa laundry yang lain. Carilah lokasi strategis, seperti sekitaran kampus, tempat kost, perumahan, atau dekat perkantoran. Lakukan riset dan survei harga sehingga harga yang dijatuhkan bisa bersaing. 

4. Kemampuan Mencuci dan Menyetrika.
Karena fakta hari ini masih ada orang yang belum bisa dan belum tahu cara mencuci dan menyetrika, maka Pelaku Jasa Laundry Kiloan harus memiliki kemampuannya. Perlakuan pada setiap kain berbeda-beda, ketika mencuci dan menyetrikanya. Jangan meninggalkan noda pada hasil cucian dan setrikalah dengan rapi. Karena kepuasan pelanggan menjadi prioritas agar repeat order di kemudian hari. 

5. Pelayanan yang Prima
Bagi pemula yang melakukan usaha sampingan jasa laundry kiloan harus memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Mulailah dengan harga promo, antar jemput gratis, ramah, dan bonus berlangganan. Dengan pelayanan yang prima, pelanggan tidak akakn kapok untuk kembali menggunakan jasa laundry kita.

Itulah beberapa cara memulai usaha sampingan jasa laundry kiloan. Mudah-mudahan kita bisa mencobanya sebagai tambahan penghasilan. Jika gagal, jangan menyerah untuk mencobanya hingga berhasil. Semoga Bermanfaat. 
Share on Google Plus

About ibnu Amr

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment